follow me on twittaah

Saturday, January 21, 2012

pola kepribadian ?

Hai halo bonjour sampurasun semuanya !, gue lagi cukup produktif nampaknya yah, sehari sepost haha !. Sebenarnya ini tuh pingin bgt ditulis kemaren, cuma karena ngantuk setelah nulis post pertama ( re: reflektif) jadi ya tidurlah haha. Simpel dan sedikit curcol sih, cuma ada sebuah isu yang bikin gue tergelitik kmrn.

Temen gue ngetweet gini 'bisa ga sih kepribadian dominan ekstravert diubah jadi introvert ?' Nah guys, sebelumnya gue yakin bgt nih, dan percaya kalo lo semua udah kenal diri lo sendiri, atau minimal mau tau tentang dirilo. Pola, jenis dan tipe kepribadian emang harus dipelajari dari teori, tapi 'isi' kepribadian, ya sifat, ya pandangan, itu bisa banget lo pelajarin sambil hidup. Baik secara sadar atau engga, percaya atau tidak, cuma dirilo-lah yang paling tau tentang dirilo. Yakan ? :D

Pola kepribadian yang gue maksud disini adalah bagaimana susunan dominasi sifat yg lo semua milikin. Segala pandangan hidup lo, sifat, bahkan perilaku itu bisa disimpulin jadi kepribadian lo. Setiap orang pasti beda-beda kan, everybody is unique, jadi gue berani ngomong kalo tipe dan jenis kepribadian yang para ahli bilang itu relatif. Itu cuma dasar lho. Bukan akhir keputusan mengenai kalian.

Memang pada dasarnya potensi setiap manusia sama. Baik, positif, walaupun beda segmentasinya di tiap orang. Nah yang beda ya pengembangannya. karena ya everybody punya pandangan beda-beda mengenai suatu hal, sifat beda-beda, bahkan semirip-miripnya fisik seseorang (kembar misal) itu pasti ada bedanya, makanya balik lagi ke kata relatif.

Tipe atau jenis itu kan cukup kaku, dan bisa gue bilang setiap orang punya semua dasar sifat dari tipe kepribadian (nahlo ?). Misalkan lo make teori yang introvert (orientasi dalam diri) dan extrovert (orientasi luar diri) - tentang ini lo bisa search di om google tah, penjelasan singkat gue sih introvert itu orang yang kurang suka dunia luar, dia mikir sendiri, kerja sendiri, mungkin kadang bisa dibilang pendiam lah. Dia susah 'keluar' dari zona dirinya sendiri. Dan extrovert itu kebalikannya. Doi gaul abis lah di lingkungan haha, ekspresif dan peledakan emosinya keluar diri, lingkungan dan sebagainya.

Oiya jadi lupa gue haha, jadi misal lo make teori itu. Pada dasarnya setiap orang punya basic introvert atau extrovert, cuma dominasinya yang beda-beda. Ada yang dominan in dan ada yang ex. Tapi seiring dengan perjalanan hidup, gue berani bilang itu bisa berubah. Karena ya itu cuma dasar. Ketika lo dapet stimulus atau 'colekan' lagi dari lingkungan, lo yes banget bisa berubah. Baik berubah dominasi atau menguat. Pengalaman membuat kita makin mengenal siapa diri kita. Mendewasakan pemikiran.

Terus misalnya kita pake tipe kepribadian sesuai kekentalan darah. Si sanguin, phlegmatis, melankolis dan koleris. Pernah denger kan ?. ( Kembali kalo belom gue suruh nanya lagi ke mbah om google haha). Intinya sanguin itu ya ekspresif di lingkungan, tukang bicara. Koleris itu pemimpin banget, otoriter, orientasi hasil, penghargaan. Phlegmatis nih si kalem, stabil, gamau ribet, males berubah, dan melankolis nih si pendiam, pemikir, perfeksionis, pemikir. Nah cukup kebayang kan ?, kalo belum, bisa ask me more deep (apacoba) atau search google *kekeuh haha :p

Nah pada dasarnya setiap orang punya semua sifat si 4 kepribadian ini. Tapi dominasinya beda. Biasanya ada 2 tipe yang dominan, misal ya sanguinis-koleris, melankolis-koleris, dan lainnya. Cuma ini bukan pasti guys !, ini cuma dasar kepribadian kalian. Tetep aja pada perkembangannya itu bisa berubah ya sesuai kalian dan hidup kalian. Pengalaman kalian dan pandangan hidup kalian. Re to the la to the tif, relatif.

Kadang gue suka nemuin orang-orang yang ketika menemukan tipe atau jenis kepribadian atau golongan 'apa' mereka, itu malah jadi hidup terbatas, seolah-olah kalo ya lo sanguin lo cuma bisa jadi sanguin. Ngelakuin hal sanguin. Kalo lo introvert lo ga akan bisa gaul dan cuma tetep 'in' tapi ga gitu cuuy sebenarnya -,-

Itu ya cuma dasar. Pengembangannya ya gimana kalian. Pernah nonton avatar kan ?, itu lhoo si aang penguasa elemen lalala. Nah pada dasarnya sifat itu kayak elemen. Avatar itu kayak equilibrium (titik tengah)dan kesempurnaan hidup. Lo punya semua elemen kan jadi avatar. Lo sempurna ngendaliin semua sifat lo ya bisa jadi manusia sempurna guys, tapi kan ga ada, jadi itu bedanya realitas sama kartun. Ga ada yang sempurna di dunia nyata. Kesempurnaan hanya milik ?? (Dijawab) tuhan buu allah buu . 'Nah bener ! *jayus, abaikan :|

Oke balik lagi. Ketika misal aang itu dominan elemennya kan angin. Dia bisanya ngendaliin angin doang pada awalnya. Tapi buat jadi avatar dia harus bisa ngendaliin semua elemen sesempurna mungkin, ya api, air, tanah buat nyelamatin dan ngamanin dunia. Nah kita sama. Kita punya dasar semua sifat dari semua tipe kepribadian. Cuma dominan tiap orang beda. Semakin sering kita belajar mengenai hidup, mengenal diri dan lingkungan, kita bakal makin bisa meng'aman'kan hidup kita. Nah pasti kebayang sekarang. Semakin kita tau dan kenal diri kita, semakin mudah kita adaptasi sama lingkungan yang selalu berubah. Inti munculnya teori kepribadian sebenarnya itu. Sebagai sarana pengenalan bantu dasar diri. sekali lagi, bukan sebagai keputusan akhir atau judgement umum mengenai 'manusia'.

Jawaban tweet itu sendiri sebenarnya bisa banget. Pola ataupun tipe itu kan cuma teori. Inget bahwa sampai detik inipun belum ada ilmu dan teori pasti mengenai hidup dan definisi keseluruhannya. Dan menurut gue pun ga akan ada. Sampai kapan pun teori ga akan bisa mendefinisikan hidup secara utuh. Teori kan diciptakan untuk membantu menjalani 'hidup'. Jadi jangan sampe teori ini, pola dan jenis ini, membatasi pengembangan diri kalian lho. Manusia itu luar biasa, undefinable (ga ter-artikan). Baik itu pandangan hidup, sifat bahkan sikap setiap orang pasti berubah-ubah, dan berusaha maksimal untuk jadi 'maksimal' lebih baik, dan mendekati kesempurnaan potensinya.

Intinya mah jangan terpaku sama teori. Apalagi soal hidup, dan manusia yang wow banget lah, everybody Is unique, semua orang punya keunikan, potensi dirinya sendiri yang cuma dia yang punya. just remember sih, bahwa pola, tipe dan jenis kepribadian hanyalah alat bantu kalian mengenal diri, alat bantu pengembangan diri kalian, jadi yaa tetap berkembang kawan !

Akhir kata salam psikolokibooo~

sumber gambar : 
  • http://duniacaktuh.files.wordpress.com/2010/12/perbedaan.jpg
  • http://3.bp.blogspot.com/_OIuR5K2ZxgA/TSSmHZZ9qjI/AAAAAAAAABk/anQ0pX-zz4E/s1600/traits.jpg
  • http://shawnpt.files.wordpress.com/2011/04/extrovert-v-introvert.jpg
  • http://thisjourneyismyown.files.wordpress.com/2010/03/eysenck.gif?w=400&h=400
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_J67GV_qQTyz8pvPhpXJ03sfzBjeZcvUwWS2F58oT_iCpj2qVP2-BVYvzqiG0H4_RFQaUjLFVkxnZeHS9Kx34PJ7LpnAcJz0kuZvcomQN14zYoCikXkCjl6Tn9Mr9xGgK0YdjTtUJsLK2/s400/prison-in-austria-34.jpg
  • http://fc01.deviantart.net/fs32/f/2008/203/0/2/Avatar_Aang_by_Shira_chan.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5rLFzWNE3Cqu00mVrBfTzablTMBtGBM6Tdr3XB3Y0aSIXFZQ3WevOyYZylErdkiFsAnKaFXgzgtA0U2h2BiYRLwDTshKCSygGMML06aoILch01McENfOX_SJsycYqWeBm_zdV1lMP1ts/s1600/tumbuh+dan+berkembang.jpg
  • http://donnygo.files.wordpress.com/2010/10/its-okay-to-not-be-perfect.jpg

No comments:

Post a Comment

comment on me, i'd love to read that :)