follow me on twittaah

Wednesday, January 25, 2012

Admit and overcome

Guys guys buddy fellas and semuanya. Balik lagi, hai lagi sama gue. And hey look at the 'title'. Admit and overcome. Admit disini maksudnya mengakui. dan overcome disini adalah melebihi, atau melewati. mungkin teman-teman masih sedikit bingung dengan pemaknaan dan korelasinya, so , you can turn the page down a little, baca lagi dan tersenyumlah ! :)

Gue mau ngeshare cerita dulu aja yah, beberapa hari yang lalu, gue baru nonton 'the green lantern'. Sebuah film fiksi, superhero yang menurut gue maknanya cukup dalem (setelah nonton). Resensi filmnya sih gini, si tokoh utamanya itu seorang pilot yang jago abis, dan dia emang multitalented serta sombong (lho?). Satu sifat buruknya yang dia blm akuin (sampai akhir film tentunya) adalah bahwa he's a quitter. Dia selalu malas menghadapi rintangan, selalu 'keluar' pada komitmennya dan takut mengakui segala ketakutan dan kesalahannya itu. Point terakhir sih yang gue garis bawahi banget. Ketakutan mengakui kesalahan, atau kelemahan diri, itu intinya. Dan itu inti bahasannya kali ini.

Oiya beresin dulu resensinya dikit yah, nah dia nih kebetulan terpilih dapet cincin super yang ngebuat dia jd salah satu pasukan green lantern. Pasukan khusus penjaga galaxy gitu lah (isinya alien banyak, cuma manusia yang ga ada), yang baru sekarang ngasih kekuatannya ke manusia, karena manusia sbagai spesies muda di galaxy itu, masih terlalu lemah lah (ceritanya). Kekuatan si green lantern ini adalah the power of the will, atau kekuatan kemauan. Si will power ini pokoknya dapet lawan tangguh yaitu monster pemakan ketakutan (the power of fear). Dan akhirnya will vs fear aja gitu.

Will power pada awalnya gabisa ngalahin fear power, karena para lantern masih punya ketakutan terbesar, yaitu takut mengakui bahwa mereka takut dengan sesuatu, dalam hal ini fear monster itu lah. Akhirnya mereka bisa menang setelah si tokoh utama, berhasil ngalahin monster fear, dengan mengakui ketakutannya akan dia, dan keberaniannya itulah yang jadi alasan menguatnya will power dan bikin dia menang. Nah sampai sini nangkep ?,

Salah satu hal yang cukup susah bagi setiap orang selain minta maaf akan kesalahan, adalah mengakui kesalahannya. Atau mengakui ketakutannya bahwa dia takut mengakui kesalahannya karena sebab-sebab lainnya. sadar ataupun engga, sesuatu yang belum keluar (seperti tidak mengakui diri) akan menjadi batasan kalian dan hambatan terbesar kalian dalam mencapai potensi maksimal dari diri kalian.

Kenapa di setiap wawancara atau data diri untuk seleksi, ada kelebihan dan kekurangan diri ?, karena itu juga merupakan aspek utama, bisa keluarnya potensi maksimal setiap individu. Ketika kamu mengenal diri, siapa diri kamu, barulah kamu bisa mengeluarkan potensi terbesar kamu. Atau dalam hal ini overcome atau melampaui ketakutan dan keterbatasan kamu.

Setiap orang punya kekurangan, tapi satu cara yang bisa membuat kekurangan itu jadi keunikan atau kelebihan kita adalah dengan mengakuinya, evaluasi diri, lalu berubah jika itu diperlukan. Tidak ada manusia yang sempurna kok, tapi kamu akan bisa mendekati potensi maksimal kamu, ketika bisa mengenal diri, dan mengakui kekurangan diri. Toh siapa lagi yang paling tahu mengenai dirinya, selain dirinya sendiri, yakan ? Haha

Bukan berarti bangga dengan kesalahan, atau kekurangan kita, tetapi sadar akan itu, dan mencoba merubahnya agar lebih positif dan baik, karena ya kodrat kita, fitrah kita, dasarnya positif, makanya pengakuan merupakan salah satu dasar sifat, jurus awal, yang akan membantu kita mengeluarkan potensi terbesar dari diri kita. Dan satu-satunya cara melawan ketakutan terbesar kita, adalah mengakuinya. Percaya atau tidak.

So guys, berhentilah kita membohongi diri sendiri, dengan tidak mengakui diri kita apa adanya. Akuilah, berubahlah lebih positif, dan tunjukkan pada dunia bahwa kalian ada atau 'eksis' !, kalian satu-satunya 'kalian' lho di dunia, ga akan ada manusia yang sama banget di dunia. Tunjukkan diri kalian dan be yourself !, overcome your fears and change !

Dan akhir kata salam psikolokiboo~

sumber gambar :
  • http://katolisitas.org/wp-content/uploads/2008/07/Pengakuan-dosa-2-400x300.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQzwm_d4BYWDpcVlNZC5WUyROHD_orrpRZpnabe79HE0No2EQ0UTT0YUkZrmsWAk46buyJDbWggQcDnpKNslWkG0dvCfwoZZOYwjj9caHpWWNAXl7XCGRIufYQqYtE_rah6irpQmXG33yD/s1600/green-lantern-movie-poster-art.jpg
  • http://us.123rf.com/400wm/400/400/rudall30/rudall301101/rudall30110100074/8645468-an-illustration-of-a-male-figure-on-energy-burst-background.jpg
  • http://music.ninemsn.com.au/img/blog/katy_perry_firework_470x300.jpg

No comments:

Post a Comment

comment on me, i'd love to read that :)